Monday, June 6, 2016

Tips Puasa Yang Baik Dan Sehat Di Bulan Ramadhan Hingga Idul Fitri


Puasa Ramadhan adalah kewajiban setiap umat muslim yang mampu untuk berpuasa. Puasa Ramadhan juga merupakan rukun islam yang keempat.

Saat menjalankan puasa, semua orang menginginkan puasanya tuntas sampai di hari kemenangan nanti.



Tetapi kadang kondisi tubuh tidak sehat sehingga menyebabkan puasanya terganggu sampai-sampai harus membatalkan puasa.

Pola makan yang sehat dengan porsi yang pas saat sahur dan berbuka sangat dianjurkan. Menurut dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM yang merupakan Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi makanan.

Berikut beberapa tips puasa ramadhan yang baik dan sehat :


  • Kurangi konsumsi minuman berkafein saat sahur yaitu kopi dan teh. Kafein menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih cepat.  Akibatnya kita akan menjadi lebih cepat haus meskipun tidak sampai mengalami dehidrasi.
  • Saat sahur pastikan makan makanan yang kaya akan serat. Makanan jenis ini membuat kita kenyang lebih lama karena proses pencernaan lambat. Contohnya : gandum, padi-padian, beras merah, kacang-kacangan.
  • Mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa sangat dianjurkan karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium dapat menggantikan nutrisi tubuh yang hilang untuk jangka waktu yang pendek.



  • Mengkonsumsi pisang saat berbuka juga baik baik tubuh. Selain proses penyerapannya cepat pisang juga mengandung kalium, magnesium, dan karbohidrat yang berguna untuk memberi tambahan energi yang hilang saat berpuasa.
  • Hindari memakan yang digoreng saat menjalankan ibadah puasa. Makanan yang mengandung minyak dapat mengaktifkan lemak jahat di dalam tubuh. Selain itu juga dapat menyebabkan panas dalam.
  • Saat kita berbuka kurangi atau bahkan hindari minum air es karena kita akan merasa cepat kenyang padahal tubuh kita memerlukan asupan gizi yang banyak karena berpuasa sehari penuh.
  • Jus buah dan minum air yang banyak saat berbuka puasa dan sebelum tidur sangat baik karena dapat menggantikan cairan yang hilang serta untuk mempersiapkan cairan bagi tubuh keesokan harinya.
Diatas adalah beberapa tips puasa yang baik dan sehat di bulan ramadhan. Semoga puasa ramadhan kita di tahun ini lebih baik dari sebelumnya dan puasa kita diterima oleh Allah SWT.

Amin...

0 comments

Post a Comment