Monday, June 6, 2016

Penghentian Pengiriman TKI Walaupun Masih Rencana Telah Resmi Mendapat Penolakan dari PPTKIS

Penghentian Pengiriman TKI Walaupun Masih Rencana Telah Resmi Mendapat Penolakan dari PPTKIS

Wacana pengurangan pengiriman TKI ke luar negeri sebagai Penata Laksana Rumah Tangga mendapatkan penolakan dari PPTKIS. Bangkit Wahyu IG selaku Ketua PPTKIS Satria Banyumas menuturkan bahwa apabila wacana tersebut direalisasikan maka yang akan terjadi adalah meningkatnya TKI Ilegal.

Para TKI yang nekat akan meminta bantuan pada individu pihak agency di luar negeri, atau kalau istilah kekiniannya adalah sponsor.

Yang menjadi penyebab tingginya minat kerja di luar negeri adalah faktor sempitnya lapangan pekerjaan yang ada di dalam negeri.



Masyarakat cenderung memilih gaji yang besar. Bila dirumah kerja sangat keras selama sebulan hanya dapat 1-2 juta, bila ada tawaran kerja di luar negeri dengan gaji 4-7 juta mereka memilih untuk berangkat ke luar negeri.

"Peran pemerintah di kemudian hari setelah bencana mengalirnya TKI yang sama sekali tidak terlatih bagaimana? Rencana ini akan memicu banyaknya TKI yang tidak mempunyai skill bahasa dan skill kerja masuk ke negara-negara lain, potensi menyebabkan persoalan dikemudian hari menjadi lebih besar" ujarnya.

sumber : berita.suaramerdeka

0 comments

Post a Comment