Monday, March 7, 2016

Catat!!!! TKI Tak Hanya Sebagai Pahlawan Devisa Tapi Juga Duta Budaya Indonesia


TKI tak hanya bergelar Pahlawan Devisa meskipun tidak disematkan pada namanya di KTP. Di luar negeri TKI pasti membawa budaya dari rumah entah itu masakan yang disajikan pada majikan atau lagu-lagu yang dinyanyikannya saat mengasuh anak dan menjaga orang tua.

Nggak heran deh kalo TKI disebut juga Duta Budaya. Istri Menteri Ketenagakerjaan, Ny. Marifah Hanif Dhakiri lho yang bilang.



"TKI tidak hanya membawa gelar pahlawan devisa, tapi sebagai duta budaya Indonesia. Karena di mana pun TKI melangkah, melintasi negara dan benua, TKI membawa budaya serta jati dirinya sebagai orang Indonesia," kata Marifah dalam keterangan resmi yang didapat dari Kementerian Tenaga Kerja, Minggu (6/3/2016).

Selain itu, lanjut Marifah, para TKI tersebut sebenarnya telah mempromosikan budaya gotong-royong bangsa. 

Hal ini terlihat dari solidaritas antara TKI saat saling bahu-membahu menyelesaikan permasalahan yang ada.



"Budaya gotong-royong juga dipraktekkan langsung oleh TKI di luar negeri ketika membantu kawannya yang menghadapi masalah. Solidaritas dan uluran tangan antara sesama TKI turut membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan TKI, baik di dalam maupun di luar negeri," tuturnya

Dia berharap TKI betul-betul dapat menjadi duta budaya bangsa di luar negeri. "Saya berharap sahabat-sahabat TKI dapat terus menjadi duta budaya bangsa, menyebarkan budaya Indonesia yang ramah dan menghargai keberagaman," ucapnya.

Gimana??
Kita-kita ini membawa nama baik bangsa lho.


Kok ya masih ada aja yang bikin malu nama bangsa Indonesia.

0 comments

Post a Comment