Saturday, January 14, 2017

12 Calon TKI Wanita Terlantar Di Karanganyar, Dijanjikan Gaji 5 Juta Penampungan Memprihatinkan


Berita TKI - 12 Calon Tenaga Kerja Wanita Indonesia dari sejumlah daerah ditemukan terlantar di penampungan yang terletak di Desa Keprabon, RT 7 RW V, Jalan Solo-Tawangmangu, Karangpandan, Karanganyar.

Mereka ditampung di sebuah bedeng pada halaman belakang rumah yang kondisinya memprihatinkan.

Salah satu calon TKW bernama Haitiyah mengaku dijanjikan pekerjaan di Singapura. Dia dan lima temannya yang juga warga Lombok berada di Karanganyar sejak 2 minggu lalu.

Gaji yang dijanjikan pada mereka cukup besar dan meyakinkan, Rp 5 juta per bulan.

Tapi hingga 2 minggu berlalu tidak ada kepastian kapan mereka akan berangkat.

"Katanya cuma 3 hari kita berangkat. Syaratnya mudah, kita hanya mengumpulkan KTP saja. Dokumen semua (sponsor) mereka yang mengurus. Kita tidak membayar apa-apa," ujar Hairiyah saat ditemui wartawan bersama Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak.

Tak hanya 6 wanita yang berasal dari Lombok, 3 orang berasal dari Kediri, 2 orang dari Trenggalek dan seorang lainnya dari Magelang turut menjadi korban.

"Kita dijanjikan yang manis-manis, gaji tinggi. Di Indonesia kami kerja cuma digaji Rp 900 ribu. Kita diajari bahasa Inggris, kalau malam Jumat kita Yasinan juga," tutur Wely warga Lombok lainnya.

Kamis malam sekitar pukul 21.30 WIB, tempat penampungan calon TKI ilegal tersebut digerebek tim BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI) serta BP3TKI (Balai Pengawasan Penempatan dan Perlindungan TKI) Jateng. [merdeka]

0 comments

Post a Comment