Monday, December 12, 2016

Masa Lalu Dian Mantan TKI Yang Jadi Teroris


Berita TKI - Dian Yulia Novi ‘pengantin’ bom Bekasi menjadi sorotan banyak pihak setelah ditangkap oleh Tim Densus 88 Antiteror. Sebagai Kepala BNP2TKI Nusron Wahid angkat bicara tentang masa lalu terduga teroris Dian.

Dian pernah terdaftar sebagai TKI secara resmi. 

Identitas wanita yang lahir di Cirebon itu tertulis lengkap di lembaga BNP2TKI.

Menurut data yang tercatat di BNP2TKI, terduga teroris yang berencana meledakkan diri depan Istana Merdeka itu lahir di Cirebon, 4 Juli 1985. 

Dian adalah lulusan SMI dan memegang paspor dengan nomor AN537753 bertanggal 26-1-2010. Adapun nomor visanya adalah 571095/62.

Saat itu Dian Yulia Novi menjadi TKI dengan tujuan kerja Oman. 

Wanita berusia 31 tahun itu diberangkatkan oleh PPTKIS Hijrah Amal Pratama. 

Disana, dia bekerja pada majikan Hamad Saleem Mansour sebagai Women Worker.

Nusron Wahid menuturkan bahwa lembaganya sudah berusaha melakukan pencegahan supaya TKI tidak didoktrin organisasi teroris saat berada di luar negeri. 

 Nusron menjelaskan saat penyuluhan TKI diluar negeri, BNP2TKI bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) guna mengantisipasi TKI yang akan bergabung pada kelompok radikal ISIS atau kelompok teror lain.

Penangkapan Dian Yulia Novi membuat Nusron Wahid mengingatkan lagi para TKI di luar negeri atau masyarakat yang berkeinginan bekerja di luar negeri supaya lebih hati-hati dengan ajakan melalui doktrin yang mengatasnamakan agama. [newth]

0 comments

Post a Comment