Friday, December 30, 2016

TKI Malaysia Ditipu Agen Diperlakukan Tak Manusiawi Oleh Majikan Kerja Rodi Tanpa Diberi Makan


Berita TKI - Septianingrum (28) TKI Malaysia yang telah bekerja sebagai ART selama tiga bulan mendapatkan siksaan dari majikannya. Diperlakukan layaknya binatang.

"Saya masuk Malaysia 25 juni 2016, lalu mulai di rumah majikan saya tanggal 28 Juni 2016," cerita Septianingrum, Kamis (29/12/2016).

Selain diperlakukan majikannya seperti binatang, Septi juga bercerita kalau dia tidak diberi makan, serta harus menyelesaikan berbagai pekerjaan seorang diri layaknya kerja rodi.

Mencabut rumput, membersihkan lima kamar mandi sampai mencuci lima mobil milik majikannya harus dia lakoni.

"Kalau nggak bersih ya saya dipukul lah," ungkapnya.

Wanita asal Bekasi, Jawa Barat ditawari jadi TKI di Malaysia untuk bekerja sebagai buruh pabrik baju oleh agen penyalur. Tapi tawaran itu ternyata hanyalah iming-iming belaka, Septi malah dipekerjakan sebagai Asisten Rumah Tangga (ART).

Bekerja sebagai ART selama tiga bulan dan terus menerus menerima siksaan membuatnya nekat dan memutuskan untuk kabur melarikan diri ke KBRI.

"Kabur dari rumah majikan, ditolongmya sama namanya Nina dan diantarkan sampai KBRI," cerita Septi.

Selama tinggal di KBRI ia diperlakukan lebih baik tak seperti di tempat majikannya, dimanusiakan layaknya manusia, makan rutin dan cukup serta diberi berbagai keterampilan seperti menjahit dan juga bimbingan konseling

"Sehari-hari ada keterampilan menjahit, bikin bunga, lalu ada konseling juga. Jadwalnya seminggu dua kali ditambah ada pengajian," ungkap Septi dengan senang.

Septi merasa sangat senang dan lega ketika tersiar kabar dirinya akan dipulangkan pada hari ini, Jumat (30/12/2016).

Dia memang sudah sangat rindu untuk berkumpul kembali dengan orangtuanya.

Ia pun kapok untuk balik lagi ke Malaysia sebagai TKI.

"Cukup sekali aja. Siapapun mau nawarin nggak akan mau," pungkasnya. [okezone]

0 comments

Post a Comment