Wednesday, August 3, 2016

Inspiratif!! Pensiun Jadi TKI, Pria Ini Berpenghasilan 17 Juta Per Bulan


Pensiun jadi TKI, pria ini berpenghasilan 17 Juta Per Bulan - Bisnis budidaya ikan berhasil mengantarkan seorang mantan TKI di Jawa Tengah meraih kesuksesan. Dari bisnis ternak ikan ini, Mantan TKI Tusmino mengantongi belasan juta rupiah setiap bulannya. Tusmino memilih meninggalkan pekerjaan di luar negeri untuk membangun kampung halamannya. 



Dengan usaha ini, dia mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga di desanya. Puluhan kolam ikan di halaman rumah Tusmino di Gumiwang, Banjarnegara, Jawa Tengah ini menjadi tempat budidaya beragam jenis ikan konsumsi. 

Dulunya, Tusmino adalah seorang TKI di Korea sebagai buruh pabrik. 



Beragam ikan mulai dari ukuran satu jari hingga ukuran siap konsumsi dikembangkan Tusmino. Dia menjual ikan hasil budidayanya ke sejumlah daerah. 

Omzet dari bisnis ini mencapai Rp30 juta dengan keuntungan bersih rata-rata Rp17 juta per bulan. Ikan yang dijual umumnya berkualitas super salah satunya adalah ikan nila hasil persilangannya sendiri. 



Bahkan dia memiliki ikan nila yang diberi nama ikan nila Tusmino dengan daging tebal dan kenyal. Keberhasilan Tusmino diraih berkat keuletan dan kedisiplinannya. Sikap disiplin dia peroleh saat bekerja menjadi buruh di Korea. 

Saat ini dia memiliki 12 karyawan yang merupakan teman bermain saat kecil. Dirinya berharap, suatu saat bisa mengeskpor ikan hasil budidayanya ke Korea. Dia menilai pasar ikan di luar negeri sangat bagus dan menjanjikan.

sumber : okezone

0 comments

Post a Comment