Tuesday, July 26, 2016

Mantan TKI Ditunjuk Presiden Barack Obama Pidato Tentang HAM Di Panggung Utama Stadiom Fargo Amerika Serikat


Dia adalah Ima Matul Maisaroh, seorang ex TKI asal Gondanglegi Malang yang dijadwalkan akan mengisi pidato tentang Hak Asasi Manusia yang didalamnya tercakup program-program untuk memerangi perbudakan dan perdagangan manusia.

Di panggung utama Stadion Fargo Ima akan menceritakan semua pengalamannya di masa lalu yang pernah menjadi korban perdagangan manusia serta mengutarakan semua program yang teamnya susun untuk memerangi perbudakan dan perdagangan manusia.



Di masa lalu Ima pernah menjadi korban perdagangan manusia, berangkat menjadi TKI ke Amerika Serikat di tahun 1997. Kala itu dalam pikirannya dia hanya berusaha untuk bisa lepas dari siksaan suaminya.

Tak selang berapa lama dia kenal dengan seseorang yang akhirnya menawari kerja ke luar negeri dengan biaya hanya $150 langsung berangkat tanpa mengurus surat-surat karena biaya sudah ditanggung oleh orang itu.

Sampai di tempat tujuan hidupnya lebih buruk dari pada dirumah. Kerja tanpa libur dengan lama kerja perhari 18 jam bahkan lebih.



Akhirnya dia kabur dengan bantuan teman sesama pembantu yang rumahnya tak jauh dari tempatnya bekerja. Lewat surat mereka berkomunikasi, hingga akhirnya Ima berhasil dibawa ke kantor CAST yang berada di Los Angeles, Amerika Serikat.

Di CAST dia diajari banyak hal, skill bekerja hingga keterampilan komputer dia dapat. Hingga tahun 2005 dia bergabung dengan aktivis lembaga CAST untuk memerangi perbudakan dan perdagangan manusia

0 comments

Post a Comment