Monday, February 6, 2017

Sungguh Mulia, Babysitter Donorkan Sebagian Liver Miliknya Pada Anak Majikan


Berita Internasional - Kiersten Miles (22) bekerja paruh waktu selama liburan musim panas kepada keluarga Rosko yang memiliki tiga orang anak sejak bulan Juni 2016 lalu. Miles  sudah diberi tahu bahwa bayi yang akan dijaga mengalami kelainan lever.

Tugas Miles selama bekerja untuk keluarga Rosko adalah menjaga Talia Rosko (9 bulan).

Miles baru mengetahui kondisi Talia menderita kelainan lever yang langka dan hanya terjadi kepada anak kecil setelah bekerja beberapa hari di rumah keluarga Rosko. Penyakit yang diderita bayi Talia hanya bisa diatasi dengan transplantasi lever.

Kedua orangtua Talia, Farra Rosko (40), seorang karyawan administrasi di Princeton University, dan George Rosko (42), seorang manajer di ACE Gymnastic, diberi tahu oleh dokter mereka bahwa tanpa transplantasi lever, Talia hanya bisa bertahan hidup hingga usia dua tahun.

Namun, daftar tunggu donor lever untuk Talia sangatlah panjang dan belum tentu cocok dengan kondisi levernya.

Iba dan merasa tergerak untuk membantu, Miles pun mengajukan diri untuk diuji apakah levernya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Talia. Keputusan ini dilakukan oleh Miles hanya dalam beberapa minggu setelah menjaga Talia dan kedua kakaknya, Matte (7) dan Trey (5).

Majikan terkejut dengan keinginan Miles tersebut. Mereka tidak pernah mencari donor organ. Mereka hanya memasukkan nama Talia dalam daftar tunggu.

Mereka merasa tidak mungkin meminta orang lain untuk mendonorkan organ tubuhnya, terutama orang yang tidak begitu dikenal.

Miles sendiri mengaku bahwa sebelum memutuskan mendonorkan levernya, dia telah berdiskusi dengan kedua orangtuanya yang ternyata mendukung dan merasa bangga dengan keputusan Miles.

Setelah melalui berbagai proses sebagai pendonor organ dan hasil analisis menyimpulkan lever Miles cocok untuk Talia.

Miles pun menjalani prosedur transplantasi lever untuk Talia selama 14 jam di Hospital of the University of Pennsylvania dan Children’s Hospial of Philadelphia. Prosedur tersebut berjalan sukses dan lancar.

Keduanya menjalani proses penyembuhan selama beberapa minggu di rumah sakit. (ol)

0 comments

Post a Comment