Thursday, December 8, 2016

Eks TKI Malaysia Alami Kecelakaan Kerja Keluarga Jual Rumah Untuk Berobat



Mantan TKI Malaysia bernama Asis (33), dirawat di RS Wahidin Soedirohusodo Makassar. Dia mengalami kecelakaan pada Agustus 2016 di Kampung Puyuh Wilayah Pitas, Kota Marudu, Malaysia. 

Beruntung nyawa Asis masih dapat terselamatkan namun kondisinya tidak dapat merespons dan tidak bisa berkomunikasi secara normal.

Setelah dirawat di Rumah Sakit Pitas, Malaysia, Asis dipulangkan pada 10 Oktober 2016 lalu. Dengan didampingi tenaga medis, Asis dibawa ke Tawau dan Nunukan. Kemudian dengan kapal laut, perjalanan dilanjutkan dari Nunukan ke Makassar dan tiba pada 15 Oktober 2016.

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Makassar, Imrana Syatar, menyarankan kepada pihak keluarga agar Asis dirawat dulu di Makassar, namun pihak keluarga lebih memilih merawat Asis di kampung halaman karena keterbatasan biaya. 

Tetapi pada 5 Desember 2016 lalu, Asis akhirnya dibawa juga ke RS Dr. Wahidin Soedirohusodo Makassar atas rujukan dari RSUD Kab. Jeneponto, dengan mengandalkan biaya hasil penjualan rumah.

Kepala BP3TKI Makassar, Mohd. Agus Bustami, bersama Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Imrana Syatar menjenguk Asis pada Selasa (06/12/2016) dan menyerahkan santunan biaya pengobatan untuk sedikit meringankan beban keluarga.

Agus Bustami seperti dikutip dari website BNP2TKI menyatakan, besarnya biaya pengobatan Asis membuat keluarga terpaksa menjual rumahnya di Kalimantan. 

 Semua itu terpaksa dilakukan karena tidak ada tanggungan dari perusahaan bekerja atau santunan asuransi karena Asis berstatus sebagai TKI nonprosedural. (indosuara)

0 comments

Post a Comment