Wednesday, December 21, 2016

ABK Mengapung Dua Hari Ditengah Laut, Berhasil Diselamatkan Oleh Tim SAR Pontianak


Berita ABK - Seorang ABK KLM Cinta Bahari, Syukur (34) asal Jl. Hidayat, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, akhirnya ditemukan selamat setelah mengapung di tengah laut setelah terjatuh dari kapalnya sekitar pukul 10.00 WIB, kisaran berjarak 1 Mil dari Pulau Hantu, Senin (19/12/2016).

Humas Kantor SAR Pontianak, Untuk mengatakan informasi jatuhnya seorang ABK ini diterima tim SAR Pontianak dan segera ditindak lanjuti dengan pengiriman tim evakuasi.

Memberangkatkan satu kapal RB 214 (36 meter) untuk melakukan pencarian terhadap ABK nahas ini.

“RB 214 langsung bergabung dengan KLM Cinta Bahari dan empat kapal milik nelayan yang turut melakukan pencarian terhadap Syukur,” ujarnya usai berhasil mengevakuasi korban selamat dengan masa pencarian kurang lebih 3 hari, Selasa (20/12/2016).

Tim SAR gabungan telah melakukan pencarian terhadap korban sebelumnya. Selama dua hari pencarian baru membuah hasil.

Korban ditemukan mengampung di dekat Pulau Penebang. Pertama kalinya ditemukan oleh nelayan reformasi.

“Karena tak kunjung ditemukan pada saat pencarian. Memasuki hari ke -2 area pencarian diperluas mencapai 324, 7622 Nm. Area ini dibagi menjadi 10 sektor dan 10 armada tim sar gabungan," tuturnya.

Kali ini personel, diperkuat dengan tambahan 6 kapal nelayan yang keseluruhan kapal yang melakukan pencarian berjumlah 10 buah.

Usaha gigih tim SAR gabungan kali ini membuahkan hasil korban ditemukan oleh kapal nelayan Reformasi tengah mengapung dan diselamatkan disekitar Pulau Penebangan.

Selanjutnya korban dievakuasi menggunakan Kapal SAR RB 214 menuju dermaga Dirpolair Polda Kalbar

Untuk penyebab jatuhnya korban dari kapal berlayar rute Pulau Meledang - Padang tikar tidak diketahui pasti.

“ Saat ini korban selamat tersebut sudah diserahkan ke pihak berwajib untuk kembali kepada keluarga,” pungkasnya. [tribunnews]

0 comments

Post a Comment