Thursday, July 7, 2016

Biro Cuaca Taiwan : Akan Ada Hantaman Angin Topan Nepartak Di Daerah Lepas Pantai Pada Hari Rabu Hingga Jumat


Biro Cuaca Taiwan mengumumkan pada hari Rabu akan ada hembusan angin kencang dan hujan sangat lebat akan menerpa Taiwan. Dihimbau bagi para turis dan warga yang berada di pulau lepas pantai untuk segera melakukan evakuasi.

Topan Nepartak bertiup dengan kecempatan 263km/jam kira-kira berada di 780km sebelah tenggara kota Hualien Taiwan pada pukul 09:00 GMT (11:00 waktu setempat), kata Biro Cuaca Pusat pulau.



"Topan Super" ini diprediksi akan menghantam taiwan pada Jumat pagi, biro cuaca menambahkan.

"Karena Topan ini terus membesar dan mendekati Taiwan dalam tiga jam terakhir, kami Biro Cuaca Pusat memutuskan untuk mengeluarkan peringatan laut di 14:30 GMT (08:30 waktu setempat)," kata peramal cuaca senior Chen Yi-liang kepada wartawan yang dilansir dari news24

"Topan itu berpotensi angin kencang serta hujan yang sangat lebat ... Warga dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan mereka akan bencana ini"

Badai tropis dengan radius 200km bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 20km/jam. Sejak hari Selasa, lebih dari 3 000 pengunjung tempat wisata sudah dievakuasi dari Green Island dan Orchid Island. Dua pulau ini adalah tempat wisata terpopuler di Taitung, kata para pejabat pemerintah setempat.

Kementerian pertahanan mengatakan telah mengerahkan sekitar 35.000 tentara untuk bersiaga di wilayah itu.

Sebelumnya tercatat Topan Super Dujuan di Taiwan telah menewaskan tiga orang dan menyebabkan lebih dari 300 orang luka-luka tahun lalu. Topan ini menghantam pulau dengan angin kencang serta hujan deras yang menumbangkan pepohonan dan memicu terjadinya tanah longsor di beberapa titik.

sumber : news24

0 comments

Post a Comment